1. Kerja sebagai Ibadah
Insan Kalla bekerja dan menjalankan bisnis dengan tujuan untuk beribadah kepada Allah SWT sebagaimana tujuan penciptaan manusia. Oleh karena itu, dalam bekerja dan berbisnis, Insan Kalla melakukannya dengan:
a. Landasan Tauhid sebagai suatu keyakinan bahwa : (1) Segala sesuatu berasal dari Allah, (2) Segala sesuatu adalah milik Allah, (3) Segala sesuatu dikendalikan oleh Allah, (4) Segala sesuatu diperuntukkan bagi Allah, dan (5) Segala sesuatu akan kembali kepada Allah;
b. Niat Ikhlas adalah menjalankan segala sesuatu semata-mata karena Allah, tanpa ada keinginan atau beban lainnya. Ikhlas membuat hati senang melakukannya dan tidak sedih jika hasil atau penghargaan yang didapatkan tidak sebanding dengan usaha yang dikerahkan;
c. Memegang Amanah yaitu menjalankan sesuatu sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku yang tertuang dalam deskripsi dan kontrak kerja yang telah disepakati;
d. Jujur yaitu menyatakan fakta dan pandangan apa adanya sehingga benar-benar dapat dipercaya oleh orang lain;
e. Istiqomah yaitu tetap di jalan yang lurus, mengikuti jalan yang lurus, tetap memegang prinsip dan tidak goyah oleh berbagai kesulitan dan tantangan.
2. Aktif Bersama
Insan Kalla senantiasa mengutamakan kebersamaan dalam mencapai visi dan misi perusahaan, dengan cara:
a. Menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan yaitu memperlakukan setiap Insan Kalla dan mitra kerja sebagai suatu keluarga yang harmonis sesuai dengan peran dan fungsinya;
b. Sipatuo yaitu membangun silaturrahim dalam bekerja dan berbisnis, dan Sipatokong yaitu saling menolong, mendukung dan menguatkan untuk kemajuan bersama.
3. Lebih Cepat Lebih Baik
Untuk menjadi kelompok usaha yang unggul, Insan Kalla senantiasa bekerja lebih cepat dan lebih baik, dengan cara:
a. Inovatif dan Solutif yaitu menghasilkan produk, metode dan cara-cara baru serta mencari solusi atas berbagai persoalan dan kendala yang dihadapi;
b. Efektif dan Efisien yaitu melakukan sesuatu yang benar dengan cara yang benar sehingga tujuan perusahaan dapat terwujud tanpa melakukan pemborosan-pemborosan.
4. Apresiasi pada Pelanggan
Insan Kalla memberikan apresiasi dan penghargaan kepada setiap pelanggan, baik pelanggan internal (sesama karyawan, atasan dan bawahan) maupun pelanggan eksternal (pembeli dan mitra kerja). Apresiasi terhadap pelanggan ini dilakukan dengan cara:
a. Maju Bersama yaitu niat dan tindakan untuk maju bersama-sama pelanggan, baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal.
b. Memuliakan pelanggan (Sipakalebbi), memanusiawikan pelanggan (Sipakatahu), dan saling mengingatkan (Sipakainga) untuk mendapatkan yang terbaik.